Misteri Bekas Makam Jan Pieterszoon Coen di Museum Wayang

Budaya / Senin, 17 Oktober 2016 16:51 WIB (MP/bro)

Museum Wayang di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta menyimpan sebuah benda berbentuk prasasti besar menempel di dinding yang bertuliskan nama orang Belanda.

Menurut salah seorang petugas pengelola Museum Wayang Didik Cahyono, benda itu dipercaya sebagai bagian dari bekas makam orang Belanda bernama Jan Pieterszoon Coen. Coen meninggal tahun 1629 dan dimakamkan di tempat tersebut. Coen merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-4 dan ke-6. Ia juga salah seorang tokoh pendiri Batavia.

“Ini dulu makam Belanda yaitu namanya yang tertera di prasasti, tapi katanya sekarang makamnya sudah dipindahkan,” ungkap Didik Cahyono kepada merahputih.com, Minggu (16/10).

Didik mengungkapkan, area sekitar bekas makam Jan Pieterszoon Coen ini memiliki aura mistik cukup tinggi. Jika seseorang memiliki “kelebihan” dalam hal spiritual, bisa merasakan getaran-getaran energi metafisika di sekitar lokasi tersebut. Beberapa kali program televisi yang mengangkat tentang dunia mistik gagal untuk melakukan pengambilan gambar di lokasi tersebut.

“Kalau penampakan, beberapa kali pengunjung pernah melihat. Kalau kita punya kelebihan, juga bisa merasakan. Makanya, pernah mau shooting (salah satu tayangan program tentang mistik) gagal terus. Karena enggak kuat dengan kekuatan energi di sini,” paparnya.

Didik juga menjelaskan, ada beberapa versi tentang kematian Jan Pieterszoon Coen. Ada versi yang mengatakan ia mati kerena dibunuh oleh bala tentara Sultan Agung dari Mataram, namun ada juga yang menyebut mati karena terkena penyakit kolera. Dari kedua versi tersebut, Jan Pieterszoon Coen diyakini meninggal karena terjangkit wabah kolera yang disebarkan oleh tentara Mataram lewat Kali Ciliwung, yaitu setelah serangan besar di Batavia tahun 1628. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Malam Jumat Para Peziarah Penuhi Makam Syekh Mubarok
  2. Makam Pangeran Jayakarta, Ziarah Favorit Calon Pemimpin DKI Jakarta
  3. Hutan Plangon, Wisata Dunia Kera Sekaligus Ziarah
  4. Ribuan Peziarah Padati Banten Lama
  5. mPeziarah Kesurupan Saat Sentuh Benda Pusaka di Situs Beji, Depok
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya