Pasar Keroncong Kotagede 2016 Digelar Akhir Pekan Ini

Budaya / Kamis, 01 Desember 2016 15:01 WIB (MP/flo)

MerahPutih Budaya - Untuk kedua kalinya, gelaran keroncong di Yogyakarta diadakan. Dengan sebutan Pasar Keroncong Kotagede 2016, even musik ini akan diadakan pada akhir pekan ini, Sabtu (3/12), di Kotagede, Yogyakarta.

"Kita ambil tajuk Keroncong Jiwa Raga Kami. Sabtu 3 Desember mulai pukul 19.00 WIB Pasar Keroncong Kotagede 2016 akan dimulai dengan tiga panggung," papar M Alfan Farhan, Ketua Panitia Pasar Keroncong Kotagede 2016, saat konferensi pers di Kotagede, Yogyakarta, Rabu (30/11).

Tiga panggung tersebut, menurut Alfan, ialah Panggung Loring Pasar, Panggung Sayangan di utara Masjid Besar Mataram dan Panggung Sopingen di halaman Pendopo Sopingen.

Jumpa pers jelang Pasar Keroncong Kotagede 2016 (Foto: MP/Fredy Wansyah)

Panggung musik keroncong ini akan menyajikan lagu-lagu seniman keroncong Kusbini. Setiap musisi yang tampil diwajibkan membawa satu lagu Kusbini. Gaya musiknya tak ubahnya gelaran keroncong tahun lalu, disajikan dengan gaya musik klasik maupun musik modern.

Salah seorang seniman keroncong, Subardjo, menyatakan, bahwa dirinya pernah mendapatkan amanat dari Kusbini untuk mempertahankan musik keroncong dari dominasi musik-musik yang ada saat ini.
"Saya pernah diamantkan Kusbini untuk menyelamatkan keroncong dan melalui acara ini masyarakat bisa lihat magisnya," paparnya.

Pasar Keroncong Kotagede digelar terbuka untuk umum. Tidak ada pungutan biaya tiket.(Fre)

BACA JUGA:

  1. Pasca Kongres, Disbud Yogyakarta Terbitkan Majalah Bahasa Jawa
  2. Rekomendasi Kongres Bahasa Jawa VI, Disbud Yogyakarta Siap Bentuk Tim Ahli
  3. Pasca Kongres Bahasa Jawa, Pemerintah Daerah Bakal Buat Regulasi
  4. Kongres Bahasa Jawa VI Resmi Ditutup
  5. Kongres Bahasa Jawa VI
(MP/flo)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya