Lamban Sastra Isbedy Stiawan Gelar Dua Kegiatan Seni

Budaya / Kamis, 01 Desember 2016 19:58 WIB (MP/man)

MerahPutih Budaya - Lamban Sastra Isbedy Stiawan siap menggelar dua kegiatan pada akhir pekan ini. Yakni menampilkan Sembilan Penyair Lampung-Jakarta yang akan membacakan puisi masing-masing. Kemudian, pertunjukan monolog "Majhi" Teater Potlot.

Menurut Isbedy Stiawan ZS yang dijuluki 'Paus Sastra Lampung' di Bandarlampung, Kamis (1/12), Sembilan Penyair Lampung-Jakarta itu diundang hadir untuk sekalian "ngobrol" seputar perpuisian Indonesia pada Sabtu (3/12) malam. Mereka sebelumnya pernah bertemu pada Forum Puisi Indonesia 87 di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Waktu itu, acaranya digelar Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), 3-5 September 1987, diikuti sekitar 80an penyair se-Indonesia. Mereka yang kini sudah tak muda lagi itu di antara dari sekian penyair Indonesia selepas 1987 yang masih mempertahankan hidup di "jalan sunyi" dan sudah 29 tahun menekuni dunia kesenian (keseniman).

Ke-9 penyair itu adalah Nanang R Supriyatin, Syaiful Irba Tanpaka, Remmy Novaris DM, Djuhardi Basri, Ayid Suyitno PS, Naim Emel Prahana, Isbedy Stiawan ZS, Arief Joko Wicaksono, dan Iwan Nurdaya. Puisi-puisi yang akan dibacakan terbilang baru yang menunjukkan kreativitas tak padam.

Sementara pertunjukan monolog "Majhi" Teater Potlot dengan pemain Robi Akbar dan Dian Anggraini, penulis lakon Conie Sema digelar pada Minggu (4/12) malam.

Menurut Isbedy, dua kegiatan sastra dan seni di Lamban Sastra itu untuk memberikan jawaban. Masih perlukah seni, masih berhargakah "predikat" seniman, masih adakah "jemaah" penikmat/penonton kesenian, dan pembaca karya sastra. (diy)

 

 

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya