Berburu Nasi Jagal di Bibir Kali Pintu Empat Kota Tangerang

Kuliner / Selasa, 18 Oktober 2016 19:08 WIB (MP/bro)

MerahPutih Kuliner - Ketika kita mendengar kata "jagal", pasti akan membayangkan sesuatu yang terkesan sadis. Namun jika disambungkan dengan kalimat "nasi", tentu akan membuat kita menjadi penasaran. Di sepanjang jalan di pinggir kali Pintu Air Empat Kampung Baru, tepatnya di sekitar rumah potong hewan (RPH) Kota Tangerang, kita bisa menemukan dua kalimat tersebut menjadi sebuah hidangan lezat dan memanjakan lidah kita.

Ibu Satar (58), salah seorang pemilik Warung Nasi Jagal mengungkapkan, kata "jagal" ini diambil dari istilah orang yang memotong hewan sapi. Dan, karena nasi yang dijajakan tersebut menggunakan daging dan tetelan dari sisa-sisa di RPH, disebutlah dengan nama "nasi jagal".

"Pakai daging dari tempat jagal (RPH), jadi orang-orang menyebut nasi jagal," ungkap Satar kepada merahputih.com, Selasa (18/10).

Nasi Goreng Jagal, Kampung Baru, Kota Tangerang. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

Warung Nasi Jagal ini dijajakan selama 24 jam. Awalnya, warung nasi jagal ini hanya ada empat tempat, namun karena semakin banyaknya pengunjung, saat ini berkambang menjadi 12 warung, dan menyajikan menu yang sama.

Nasi jagal sendiri memilik varian yang berbeda-beda, ada nasi jagal biasa, ada juga nasi goreng jagal. Harga nasi jagal per porsi pun cukup ekonomis, yaitu Rp10 ribu untuk nasi jagal biasa, dan Rp11 ribu untuk nasi goreng jagal". (Wid)

BACA JUGA:

  1. Bule Norwegia 'Kegilaan' Nasi Padang
  2. Berburu Kuliner Nusantara Nasi Gandul Khas Pati di Citra Raya Tangerang
  3. Resep Nasi Uduk Enak dan Gurih Favorit Keluarga
  4. Resep Nasi Uduk Enak dan Gurih Favorit Keluarga
  5. Resep Nasi Kuning Bali Enak Buatan Rumah
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya