Bumbu Krengsengan Nasi Jagal Pakai Resep Asli Madura

Kuliner / Selasa, 18 Oktober 2016 19:39 WIB (MP/bro)

MerahPutih Kuliner - Sensasi lezatnya nasi jagal di sepanjang bibir Kali Pintu Air Empat, Kampung Baru, Kota Tangerang ternyata menggunakan resep dari daerah Madura, Jawa Timur.

Jenis masakan daging dan tetelan nasi jagal ini sekilas seperti semur. Tetapi, menurut Ibu Satar, salah seorang pemilik warung nasi jaga di Pintu Air Empat, masakan tersebut namanya krengsengan.

"Dimasaknya krengsengan itu pakai resep dari Madura. Karena kebetulan, kita ini dari Madura," ungkap Satar kepada merahputih.com, Selasa (18/10).


Nasi Jagal, Kampung Baru, Kota Tangerang. (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

Masakan krengsengan ini, kata Satar, bumbunya sangat sederhana yaitu hanya menggunakan bawang merah-bawang putih, saos, kecap, dan garam. Masakan srengsengan ini menjadi sangat lezat serta banyak disukai oleh masyarakat karena komposisi racikan bumbunya yang pas atau tidak ada yang dilebihkan dan dikurangi.

"Bumbunya cuma bawang merah dan bawang putih, saos, sama kecap. Enggak pakai merica, enggak pakai ketumbar. Pokoknya bumbunya pas saja, dan masaknya lama, jadi bumbu merasuk ke dalam daging," katanya.

Daging yang digunakan untuk memasak krengsengan nasi jagal ini adalah daging tetelan, kepala, dan rawon. Pengunjung nasi jagal bibir Kali Pintu Air Empat Kampung Baru ini juga dari berbagai kalangan. Mulai dari sopir, buruh pabrik, polisi, sampai pejabat. Nasi jagal sendiri disajikan selama 24 jam dan selalu dalam kondisi hangat.

"Kalau di sini, masak bisa sampai empat kali sehari. Jadi hangat terus, enggak ada istilah diangetin. Soalnya sekali masak juga sebentar habis," tandasnya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Sensasi Makan Nasi Jagal di Kota Tangerang
  2. Bule Norwegia 'Kegilaan' Nasi Padang
  3. Berburu Kuliner Nusantara Nasi Gandul Khas Pati di Citra Raya Tangerang
  4. Resep Nasi Uduk Enak dan Gurih Favorit Keluarga
  5. Resep Nasi Uduk Enak dan Gurih Favorit Keluarga
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya