Buah Berenuk, Si Penyubur di Taman Buah Mekarsari

Wisata / Kamis, 01 Desember 2016 00:25 WIB (MP/bro)

MerahPutih Wisata – Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia. Dan di taman buah itu, ternyata memiliki aneka ragam buah langka dengan manfaatnya masing-masing, seperti buah berenuk.

Buah berenuk adalah buah langka yang tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Akan tetapi, buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Buah berenuk juga lebih dikenal orang sebagai buah maja yang merupakan buah beracun. Buah berenuk mengeluarkan bau tidak enak yang membuat buah tersebut tidak disukai banyak orang.

Namun di balik itu, buah berenuk ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Daging buah ini dapat digunakan sebagai pupuk dan dapat membantu perkembangan tanaman-tanaman lain yang berada di Taman Buah Mekarsari.

“Buah berenuk dapat dijadikan pupuk sebagai alternatif untuk menggantikan pupuk dari kotoran hewan,” kata Muhammad Fathir, Marcomm Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Rabu (30/11).

Perawatan buah berenuk ini juga tidak terlalu sulit. Dan lagi, sekali panen dapat menghasilkan buah yang cukup banyak. “Hanya dengan menyirami saja, seperti kebanyakan pohon buah lainnya,” tambah Fathir.

“Untuk masa panennya, buah berenuk ini hanya memerlukan waktu satu bulan sekali kita sudah bisa memanennya karena pertumbuhannya cepat,” lanjutnya.

Karena itu, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk mencari tahu manfaat buah yang ada di Indonesia sehingga paham akan kegunaannya. “Harus banyak tahu informasi agar bisa bermanfaat. Nah, di Taman Buah Mekarsari, para pengunjung akan mendapatkan edukasi tentang itu,” pungkasnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Mekarsari, Wisata di Tengah Taman Buah
  2. Belitung Timur Siap Gelar Festival Taman Bumi
  3. Pesona Taman Wisata Alam Linggarjati
  4. Byur, Asyiknya Main Air di Taman Wisata Alam Linggarjati
  5. Yuk Bersantai di Taman Kolam Terapi Linggarjati
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya