Taman Buah Mekarsari, Pusat Pelestarian Buah-buahan Tropika Terbesar Dunia

Wisata / Kamis, 01 Desember 2016 00:12 WIB (MP/bro)

MerahPutih Wisata - Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia. Taman Buah Mekarsari mengoleksi buah-buahan sekitar 1.400 buah, di sana para pengunjung dapat beredukasi tentang tanaman. 

Taman Buah ini memiliki luas 264 hektare. Untuk mengelilingi Taman Buah Mekarsari, Anda dapat menggunakan kereta keliling. Tiket masuk pun sangat terjangkau dapat dibeli dengan harga Rp25.000. Sementara untuk berkeliling Rp15.000, selebihnya akan mendapatkan satu buah yang sudah dapat dipanen.

Menurut Fathir, selaku Marcomm Taman Buah Mekarsari, pengunjung dapat menikmati buah yang sedang dipanen seperti gac dan jambu nol jamaika.

“Di sini terdapat paket favorit yang sering dipilih pengunjung contohnya Greenland Tour, pengunjung dapat membeli buah di tempat yang tidak dapat mereka petik,” ucap Fathir.


Buah berenuk di Tamansari. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Ia menambahkan, pengunjung juga dapat menikmati edukasi tentang buah-buahan langka seperti buah pala, kakao, lobi-lobi, kacang mentega, buah kola, dan lain sebagainya. Untuk paket Greenland Tour sendiri berharga Rp55.000. Dengan harga itu, Anda mendapatkan satu keranjang salak, satu buah belimbing, dan jus buah. Dari berbagai buah langka, pengunjung lebih banyak menyukai buah lobi-lobi dan buah kacang mentega.

Buah-buah langka pun ada yang merupakan bahan awal pembuatan makanan dan minuman, seperti buah kola. Buah kola ini untuk bahan dasar minuman-minuman bersoda. Ada pula buah kakau yang digunakan sebagai edukasi bagi anak-anak kecil sebagai bahan pembuatan cokelat, buah pala yang sering digunakan untuk manisan dan bumbu masak, dan buah lobi-lobi yang biasa dibuat menjadi manisan dan rujakan.

“Buah-buah langka ini rata-rata berasal dari Indonesia, yang tersebar dari berbagai wilayah seperti Irian (Papua), NTT, Jawa, dan juga Sumatera,” kata salah seorang penjaga di lahan buah langka, Ade.


Beragam jenis buah di Mekarsari. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Lebih lanjut, Ade menambahkan, di Taman Buah Mekarsari ini juga terdapat 100.000 jenis tanaman khusus tanaman tropis atau dataran rendah. Tidak ada tanaman-tanaman dataran tinggi seperti stroberi dan apel karena tidak didukung oleh cuaca.

Dari macam-macam buah langka, terdapat satu buah yang unik, yaitu buah berenuk. Buah ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, tetapi buah ini dagingnya dapat dijadikan untuk pupuk.

Buah Berenuk juga dapat membantu pertumbuhan tanaman yang ada di Taman Buah Mekarsari. Walaupun, dalam tingkatan masih lebih baik pupuk yang berasal dari kotoran hewan.

“Buah berenuk tidak sulit untuk perawatannya, karena berenuk buahnya cukup banyak dan panennya cukup cepat sehingga perawatannya hanya tinggal menyirami seperti merawat tanaman lainnya,” imbuh Fathir. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Mekarsari, Wisata di Tengah Taman Buah
  2. Belitung Timur Siap Gelar Festival Taman Bumi
  3. Pesona Taman Wisata Alam Linggarjati
  4. Byur, Asyiknya Main Air di Taman Wisata Alam Linggarjati
  5. Yuk Bersantai di Taman Kolam Terapi Linggarjati
(MP/bro)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya